Jumat, 16 Desember 2011

Sejarah FC Barcelona


Futbol Club Barcelona, seperti moto mereka klub Mes que un menyarankan, lebih dari satu klub. Mereka berasal di Barcelona, ibukota wilayah Spanyol Catalunya dan dianggap sebagai lembaga yang paling penting dari Catalunya. Barcelona La Liga 18 kali dan telah juga memenangkan Piala Eropa (sekarang UEFA Champions League) pada dua kesempatan terpisah, tiba kedua yang baru-baru ini sebagai 2006.
Dibentuk pada tahun 1899, Barcelona telah datang untuk mewakili daerah Catalunya sehingga kini menjadi klub yang paling terkenal dan institusi penting Catalunya, salah satu daerah otonom di Eropa.
Sejarah di balik pembentukan klub adalah sebesar as much amusing as enthralling. Pada tanggal 22 Oktober 1899 pemain Swiss Joan Gamper iklan ditempatkan di Los Deportes menyatakan keinginannya untuk membentuk klub sepak bola di kota Barcelona dan meminta orang lain yang tertarik dalam proyek ini untuk bergandengan tangan bersama-sama di deck. Sebelas pemain menunjukkan minat dalam membentuk sebuah klub dan Football Club Barcelona melihat cahaya hari.
FC Barcelona menang perak pertama mereka pada tahun 1902 ketika mereka Juara Copa Macaya. Mereka terus memenangkan Campeonato de Catalunya pada beberapa kesempatan dan pada tahun 1928 bersama dengan klub-klub lain mendirikan divisi pertama Spanyol pertama kejuaraan. Barcelona mestinya memenangkan kompetisi di musim 1928-1929.
Selama Perang Saudara Spanyol tahun 1930 dan sejak itu, Barcelona menjadi yang paling penting outlet ekspresi bagi rakyat Catalunya. Di bawah Jenderal Francisco Franco’s diktator rezim, klub harus menjalani beberapa saat yang menyiksa seperti yang dilakukan orang-orang Catalan FC Barcelona tapi selalu dianggap sebagai sesuatu yang begitu suci sehingga bisa melampaui semua pemaksaan dilaksanakan oleh Franco.
FC Barcelona perlahan-lahan menjadi salah satu pemain top Eropa dan mulai menarik orang-orang seperti Belanda Johan Cruijff besar pada 1970-an dan mulai mengumpulkan perak. Kemudian mereka memiliki Golden Periode, era Dream Team di akhir 1980-an hingga pertengahan tahun 1990-an ketika mereka memenangkan tak kurang dari 11 piala, termasuk empat gelar berturut-turut La Liga 1.991-1.994 dan Piala Eropa (untuk pertama kalinya ) pada tahun 1992. Palungan Dream Team ini adalah Cruijff dan ia berhasil pemain seperti Josep Guardiola, Jose Mari Bakero, Txiki Beguiristain, Gheorghe Hagi, Ronald Koeman, Michael Laudrup, Romario dan Hristo Stoichkov.
Barcelona muncul lagi pada pertengahan 2000-an ketika mereka memenangkan gelar divisi pertama Spanyol dua tahun berturut-turut pada tahun 2005 dan 2006 dan juga memenangkan Liga Champion di tahun 2006 naik di sayap Ronaldinho, Lionel Messi, Samuel Eto’o, Deco Xavi iklan.
Barcelona dikenal Barca sayang sebagai pendukung mereka yang juga ingin memanggil sisi mereka Blaugrana. Pada bulan Juni 2007, jumlah socis (klub anggota / pemilik) mencapai 156.366 sedangkan pada Juni 2006 jumlah penyes (resmi terdaftar di klub-klub pendukung) mencapai 1.782 di seluruh dunia.
Barcelona hanya salah satu dari tiga klub di Spanyol untuk tidak telah disingkirkan dari divisi pertama. Mereka mendorong persaingan sengit dengan Barcelona dan kontes Espanyol Barcelona derby dengan kota-saingan mereka. Tapi mereka sebenarnya saingan sengit Real Madrid dengan siapa kontes Barca el clasico (juga dikenal sebagai el Derbi). Unit Barcelona menganggap Real Madrid sebagai pembawa obor terakhir yang tersisa dari rezim Jenderal Franco.
Sejauh ini FC Barcelona telah memenangkan kejuaraan Spanyol 19 kali, Copa del Rey untuk data 25 kali dan Piala Eropa tiga kali. Barca saat ini dilatih oleh cules Joseoh Guardiola dengan mengendalikan Joan Laporta kursi presiden. Barca memainkan pertandingan rumah mereka di Camp Nou yang memiliki kapasitas 98.772 mengagumkan dan yang dikenal sebagai Katedral Football.
Klub prestasi utama termasuk:
* 19 La Liga
* 25 Copa del Rey (Piala Spanyol) (catatan)
* 7 Supercopa de EspaƱa
* 3 Piala Eropa / Liga Champion UEFA
* 4 UEFA Cup Winners ‘Cup
* 2 Piala Super Eropa
* 2 Piala Latin

2 komentar:

kLub t pEdot niaN kNi............

Barcelona masih bertaji
mereka hanya kelelahan saja oleh jadwal yg sangat padat

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More