Sabtu, 25 Februari 2012

Tips Menciptakan Suasana Harmonis Sesama Saudara Kandung

Hai sobat teropong semuanya pernah para sobat merasa ga cocok sama saudara kandung sendiri?

Hmm mungkin diantara para sobat pernah kali ya merasakan hal itu. ansh kali ini teropong akan memberikan tips, "Ciptain suasana harmonis sesama saudara kandung". Mungkin tips ini bisa berguna bagi para sobat teropong yang sedang mengalami suatu masalah dengan saudara kandungnya sendiri.




1. Lupakan masalah lama

Bila Anda dan saudara kandung memiliki masalah kecil di masa lalu, lupakanlah hal tersebut karena saat ini sudah tidak penting lagi untuk diungkit-ungkit kembali. Sikap saling memafkan akan membuat hubungan Anda dan saudara kandung akan mencair dan kembali akrab.

2. Hadiri moment yang penting

Usahakan Anda menghadiri moment-moment penting dalam kehidupan saudara kandungAnda. Kehadiran Anda saat dia melaksanakan wisuda, lamaran, pesta ulang tahun, pernikahan, serta acara-acara lain yang akan sangat berarti baginya dan di situlah dia akan merasa memiliki keluarga dekat.

3. Hindari kecemburuan

Jangan membanding-bandingkan hubungan Anda dan saudara kandung dengan kakak-beradik lainnya. Setiap keluarga memiliki sifat, kedekatan emosional serta didikan yang berbeda sehingga tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya. Yang terpenting, syukurilah hubungan persaudaraan yang Anda miliki dan cobalah perbaiki bila hubungan Anda dan saudara kandung memang kurang akrab.

4. Menjaga kesopanan

Hubungan Anda dan saudara kandung memang tak perlu terlalu formal dan kaku. Namun begitu, Anda juga harus menjaga kesopanan meskipun hanya pada kakak atau adik sendiri, meskipun kita sangat akrab. Sopan santun tetap diperlukan dalam hubungan kakak-beradik agar tetap ada rasa segan dan saling menghormati di antara Anda dan saudara kandung.

5. Memperbanyak komunikasi

Banyak yang tidak menyadari pentingnya komunikasi, padahal di rumah sekalipun komunikasi sangat penting untuk menjalin hubungan baik di dalam keluarga, termasuk terhadap saudara kandung. Bila Anda saat ini memiliki kesibukan yang luar biasa dan jarang bertemu dengan saudara kandung Anda, bukan berarti komunikasi pun terputus begitu saja. Di era teknologi informasi yang begitu maju sekarang ini, Anda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan komunikasi dengan saudara kandung Anda agar semakin akrab. Bila tidak bisa menelepon dan mengobrol langsung, Anda dapat mengirim SMS, mengirim Wall pada akun Facebook, atau chatting lewat media messenger. Banyak cara yang dapat Anda lakukan agar komunikasi dengan saudara kandung Anda tidak terputus.

6. Berikan pujian

Pujian juga dapat Anda berikan kepada saudara kandung Anda untuk mengakrabkan diri. Banyak hal yang bisa dipuji seperti keberhasilannya menyelesaikan kuliah, kenaikan jabatan, maupun prestasi-prestasi lainnya. Yang terpenting, berikan pujian kepada saudara kandung Anda dengan tulus, bukan atas dasar keterpaksaan.

7. Lakukan kegiatan bersama

Walaupun saat ini Anda dan saudara kandung Anda telah berkeluarga dan memiliki kesibukan masing-masing, namun Anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama-sama untuk lebih menjalin keakraban. Tak perlu kegiatan muluk-muluk seperti berlibur bersama ke luar negeri, namun cukup dengan makan siang bersama, potong rambut ke salon, karaoke atau bisa saja belanja di mall sambil saling meminta pendapat ataupun saling berbagi cerita.

8. Hindari topik sensitif

Dalam keluarga setiap orang pasti memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda-beda mengenai sesuatu hal. Saat berkumpul bersama keluarga atau berdiskusi dengan saudara kandung, sebaiknya hindari topik-topik sensitif yang dapat memicu perdebatan dan perselisihan seperti politik dan agama.

9. Terima calon ipar dengan baik

Bersikap baiklah pada pasangan saudara kandung, meskipun mungkin Anda tidak cocok atau kurang sreg dengan pilihannya. Dengan begitu, saudara kandung Anda akan merasakan dukungan dan penghargaan terhadap pilihannya tersebut. Namun yang harus diperhatikan, jangan terlalu ramah terhadap calon ipar Anda yang berbeda jenis kelamin karena nantinya justru dapat menimbulkan masalah lain.

Nah itu dia lo tipsnya, semoga bisa bermanfaat bagi sobat teropong semua. Anggaplah saudara kandung sebagai teman jangan sesekali di jadikan suatu beban atau sesuatu yang harus ditakuti.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More